Senin, 03 Oktober 2016

Bisakah Mayarakat Berlangsung tanpa Struktur Sosial?

Terdapat dua  pendapat. Pendapat pertama; bisa, namun hanya pada masyarakat primitif. Karena masyarakat komunal primitif adalah suatu kebudayaan masyarakat atau individu tertentu yang belum mengenal dunia luar atau jauh dari peradaban. Primitif mempunyai arti tidak mengenal peradaban dan tidak mengenal kesopanan atau tatakrama serta hidupnya masih tergantung alam ataupun tidak mengenal dunia luar.

Masyarakat komunal primitif merupakan masyarakat pertama yang lahir didunia dalam sejarah perkembangan masyarakat. disebut mayarakat komunal primitif karena sistem ekonominya bersifat komunal dan alat kerjanya masih primitif. sistem ekonomi komunal primitif dan alat produksinya milik komune, dan hasil dari produksi dibagi menurut kebutuhan komune sesuai kebutuhannya. pada masyarakat komunal primitif, pada mulanya masyarakat itu hidup secara nomaaden yaitu hidup bergerombol dan berpindah-pindah, mengembara dari satu tempat ke tempat lainnya. tempat pengembaraan mereka adalah yang ada buah-buahan dan binatang. mereka hanya bertahan di tempat tersebut ketika makanan ada ketika makanan sudah tidak ada lagi mereka akan berpindak ketempat lainnya, oleh karenanya dikatakan nomaaden. taraf hidup ekonomi mereka baru pada tingkat mencari yang sudah ada belum pada tingkat memproduksi secara massal sesuai kebutuhannya dalam mencari makanan.

Masyarakat primitif hidup tanpa struktur sosial karena mereka belum mengerti apapun, yang mereka tahu hanya memenuhi kebutuhan perut untuk keberlangsungan hidup.

Pendapat kedua; tidak bisa dan tidak mungkin. Karena struktur sosial dalam masyarakat Indonesia dilihat secara horizontal merupakan suatu masyarakat majemuk dalam pluralitas kebudayaan, agama, dan adat dalam masyarakat Indonesia. Sedangkat struktur secara vertikal lebih kepada stuktur yang dibangun dalam bidang politik dan ekonomi atau kekayaan yang mengacu pada derajat kedudukan masyarakat seperti orang kaya dan orang miskin, rakyat kecil dan pejabat dalam masyarakat Indonesia. Pada intinya masyarakat sekarang sudah berkembang dan beragam dari segi profesi, agama dan kekayaannya.

Mengapa bisa ada struktur sosial, karena terdapat interaksi dan dari individu sendiri. Jika tidak ada individu masyarakat tidak akan ada. dikatakan masyarakat jika di dalamnya membentuk suatu susunan tertentu. Dalam suatu masyarakat akan terbentuk suatu susunan yang secara alamiah sebagai suatu hubungan yang saling membutuhkan, sehingga hubungan tersebut menjadi hubungan kausalitas yang menyebabkan suatu masyarakat memiliki peran tertentu sehingga pada akhirnya peran tersebutlah yang membentuk struktur. Jika struktur sosial tidak ada maka masyarakat akan terpecah belah dan tidak terkendali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar